Pandemi Covid-19 yang sudah terjadi satu tahun lebih mulai terasa dampaknya. Sulitnya mengatur masyarakat Indonesia membuat angka penularan Covid-19 semakin menggila.

Imbasnya pasien Corona banyak terlantar, kesulitan dapat layanan kesehatan, sulitnya mendapat layanan Rumah Sakit (RS), tempat tidur habis dan oksigen juga hampir langka.

Di tengah situasi keruh ini, sejumlah relawan yang terdiri dari berbagai kelompok pemerhati perkembangan Covid-19 mulai dari Kawalcovid-19, PandemickTalk, LaporCovid-19, Kitabisa.com serta komunitas relawan covid lain, menghadirkan layanan informasi lengkap melalui situs wargabantuwarga.com.

1. Situs wargabantuwarga.com memberikan informasi penting terkait Covid-19

 

Dalam akun Instagram @pandemicktalks, dibahas mengenai informasi apa saja yang terkandung dalam situs wargabantuwarga.com.

Yakni berisikan kumpulan informasi serta kontak-kontak penting terkait penyediaan perawatan dan kebutuhan terkait Covid-19.

“Kamu bisa temukan informasi tempat penyediaan oksigen, ketersediaan RS, info Puskesmas, dan kontak penting lainnya. Database wargabantuwarga.com terkumpul berkat inisiatif banyak lembaga dan individu di berbagai daerah,” begitulah tulisan dalam unggahan.

Bahkan netizen juga bisa sebaliknya, yakni mengisi database untuk membantu melengkapi informasi tersebut.

“Kamu juga bisa ikut melengkapinya. Yap, dari warga untuk warga. Satu informasimu bisa ringankan perjuangan mereka yang sedang hadapi Covid-19. Yuk, kita bersolidaritas agar kabar baik berdatangan dan masa darurat ini segera berakhir,” ajak akun @pandemictalks.

2. Data selalu diperbaharui secara berkala

Dilansir dari IDN Times, ketika dilakukan penelusuran pada situs tersebut, didapai terakhir diperbaharui pada 6 Juli 2021 pukul 18.47 WIB.

Dijelaskan pula didalamnya bahwa database ini adalah kumpulan berbagai informasi seputar Covid-19 di Indonesia yang didapatkan melalui internet, media sosial, atau penelusuran langsung di lapangan.

“Dokumen diperbaharui secara berkala oleh para relawan. Kamu bebas menggunakan dan menyebarluaskan informasi yang ada dalam dokumen ini,” tulis laman tersebut.

3. Informasi mengenai donor plasma darah juga bisa didapat di sini

Tidak hanya ketersediaan oksigen, Informasi lainnya juga disuguhkan cukup lengkap.

Selain ketersediaan rumah sakit, alamat rumah sakit, nomor telepon rumah sakit, ambulans, tempat isu ulang oksigen, yang disajikan lengkap. Adapula informasi tentang donor plasma darah.

Masyarakat tinggal klik database yang tersedia. Dalam database, memuat kontak penting informasi tersebut mulai dari provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

“Mau lihat database RS, Puskesmas, Ambulans, Oksigen, & kontak penting lainnya? Langsung klik di sini. Cara berkontribusi: Mau upload info? Klik di sini! Mau gabung jadi relawan pengumpul dan pengolah data? Klik di sini,” tulis akun tersebut.

Klik di Sini Untuk Melihat Database Kontak & Akses Fasilitas serta Alat Kesehatan Per-Provinsi

4. Bila ingin berdonasi untuk tenaga kerja kesehatan, penggali kubur hingga berkontribusi untuk kehidupan satwa bisa disini

Tidak hanya menghadirkan beragam informasi edukasi seputar isolasi mandiri, vaksinasi, donor darah, dan mencantumkan daftar rumah sakit rujukan untuk Covid-19 di seluruh Indonesia.

Warganet juga bisa turut menyumbang dana gotong royong membantu warga yang terdampak Covid-19 mulai dari donasi untuk berbagai kebutuhan rumah sakit, nakes, relawan dan penggali kubur, warga dan paket isolasi mandiri, obat, bahkan donasi untuk satwa.

Wah, begitu lengkap ya situs tersebut akan kebutuhan terkait pandemi Corona.

Kamu bisa mulai mencobanya nya nih Sobat Properti Cirebon siapa tahu kamu membutuhkan salah satu dari informasi tersebut.

0 Komentar