Sumber : https://interplasinsights.com/

PROPERTI CIREBON – Pernahkah Anda mendengar istilah gabus sebagai bahan pelapis dinding bangunan? Ya, teknologi modern yang satu ini kian semakin populer bagi industri pembangunan gedung dan rumah. Penggunaan gabus atau EPS (Expanded Polystyrene System) telah terbukti memberikan banyak keuntungan bagi  sebuah bangunan.

Sumber : https://idea.grid.id/

Sahabat Properti Cirebon Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah meskipun memiliki bahan yang sama yakni styrofoam, namun EPS memiliki kelebihan lain dibandingkan styrofoam lain yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. EPS dibuat berdasarkan tingkat kepadatan yang lebih tinggi dan ditambahkan dengan beberapa zat adiktif tinggi, sehingga membuatnya tahan api. Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa EPS dijadikan bahan campuran material bangunan.

Dengan demikian, EPS yang dijadikan sebagai bahan material bangunan tidak hanya tahan terhadap api, melainkan juga mampu menjadi isolasi termal yang sangat baik, sehingga panas matahari dari luar tidak akan tembus kedalam ruanganan sebuah bangunan. Maka tak heran, jika EPS sering dijadikan campuran material untuk dinding maupun atap bangunan.

Penggunaan EPS semakin diminati

Sumber : https://www.renderplus.com.au/

Dalam beberapa tahun belakangan, sudah banyak ahli yang merancang bangunan dengan melibatkan styrofoam sebagai materialnya, dan bahkan menggantikan penggunaan batu-bata. Karena dengan menggunakan EPS ini, tingkat reduksi panas bisa berkurang bahkan hingga 90% bila dibandingkan dengan batu bata. Tak hanya itu, EPS juga mampu meredam suara.

Berdasarkan banyak fakta tersebut, maka terciptalah EPS sandwich panel yang merupakan komponen bangunan dengan berat yang sangat ringan. Secara umum, tidak ada perbedaan yang terlihat pada pemasangan ataupun penggunakan EPS sandwich panel ini pada sebuah bangunan. Hanya saja, ketika hendak memasang EPS sandwich panel setiap komponen utilitas seperti jaringan listrik, air minum, rangka pintu dan jendela, haruslah dipersiapkan terlebih dahulu sebelum proses pemasangan.

Untuk menanamkan EPS sandwich panel pada sebuah dinding bangunan bisa dilakukan secara manual ataupun dengan menggunakan mesin lewat cara pemlesteran. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengurangi efisiensi serta kecepatan waktu pembangunan atau konstruksi.

Sumber : https://interplasinsights.com/

Tipe-tipe EPS panel secara umum

  1. Tipe single panel yang biasa dijadikan dinding fasad, dinding penyekat, ataupun untuk atap serta lantai.
  2. Tipe double panel, yang biasa digunakan sebagai sebuah struktur untuk menahan beban konstruksi, bekisting, serta insulator panas.

Berbagai fungsi dan kegunaan EPS panel

Secara umum, fungsi dari EPS panel bisa menjadi sebuah penyekat dan digunakan untuk dinding bangunan, pelapis lantai, atap bangunan, menjadi sebuah nilai estetika untuk ruangan. Dan masih banyak lagi.

Keuntungan menggunakan EPS panel

Sumber : https://sanwaprefab.co.id/

  1. Dapat mengurangi suhu panas, sehingga menstabilkan kondisi suhu pada ruangan bangunan. Dengan kata lain, Anda tidak membutuhkan biaya tambahan untuk membeli pemanas ataupun pendingin ruangan.
  2. Proses instalasi yang cukup mudah, sehingga mengurangi biaya pemasangan. Tiap lembaran panel sudah melewati proses pabrikasi, jadi untuk melakukan pemasangan pun cukup mudah.
  3. Tiap lembar panel memiliki bobot yang sangat ringan, jadi untuk mengangkat atau memasangnya tidak terlalu susah
  4. Tiap lembaran panel EPS memiliki kekuatan untuk menahan angin hingga 140 m/ jam
  5. Dapat menggantikan penggunaan kayu pada material bangunan, sehingga akan tercipta bangunan yang lebih ramah lingkungan.
  6. Memiliki ketahanan pakai yang sangat baik, dan tahan hingga 20 tahun.
  7. EPS panel bisa dibentuk dan disesuaikan dengan selera dan kebutuhan, sehingga setiap penggunaannya bisa dilakukan secara efektif.
0 Komentar