48965799 – close-up asphalt at the road under construction.

Properti Cirebon.- Jalan merupakan infrastruktur yang  digunakan untuk menghubungkan antara tempat satu dengan  tempat lainnya.  Ada beberapa Jenis dan klasifikasi jalan di Indonesia seperti pada artikel lainnya berjudul klasifikasi jalan di Indonesia. 

Pekerjaan Jalan sendiri memang berbeda dengan proyek lainnya. Perbedaan paling terlihat adalah penggunaan alat berat. Pada proyek jalan aspal jelas membutuhkan alat berat yang banyak.

Hal ini dikarenakan Proyek jalan aspal mempunyai volume yang sangat besar. 
Beberapa orang yang sudah pernah kerja di proyek jalan pasti merasakan betapa tingginya masalah sosial yang harus dihadapi karena bersinggungan langsung dengan masyarakat. 

Dan bagi teman- teman yang belum Pernah merasakan terjun langsung di proyek Jalan aspal, harus memahami beberapa istilah yang ada di proyek jalan aspal agar mudah berkoordinasi dengan tim proyek.

Berikut daftar Istilah-istilah yang ada di proyek jalan aspal: 


1. Mc 0 ( Mutual check 0)Mc o atau disebut sebagai Mutual check 0% digunakan Sebagai data awal kontraktor yang diambil secara teknis dilapangan dengan pengawasan dari pihak pemberi Tugas, Data yang paling digunakan disini adalah Data Ukur dan gambar. sehingga Perlu dilakukan pengukuran ulang oleh surveyor, Surveyor akan melakukan Pengukuran dan pengambilan data dari lapangan.

Apabila ada Perbedaan antara gambar desain dengan data ukur di lapangan maka kontraktor harus mengubah gambar desain agar sesuai dengan kondisi lapangan yang sebenarnya. laporan hasil Mc – 0 dijadikan dasar untuk pelaksanaan kontraktor. 

2. Quarry Material

Quarry adalah sumber material alam yang digunakan untuk pekerjaan aspal. Ada beberapa Quarry Yang digunakan pada pekerjaan Jalan aspal di antaranya adalah Quarry Batu pecah, Quarry tanah timbunan, dan Quarry pasir.

Pemilihan Quarry ini harus d isesuaikan dengan spesifikasi material yang digunakan, Ada banyak strategi untuk memilih Quarry .

3. Amp dan stone crusher

Beberapa istilah lain di pekerjaan Jalan aspal antara lain adalah AMP dan Stone crusher. Amp atau Asphalt Mixing plant adalah Alat pencampur komposisi Aspal atau dengan kata lain alat pembuat campuran aspal.

Dengan adanya Amp ini kita tid ak Peru lagi membeli Campuran aspal ke tempat lain sehingga dapat menghemat biaya kontruksi. Sedangkan stone crusher adalah alat pemecah batu.

Komposisi campuran aspal diantaranya batu aggregat berukuran 5-10, 10-20 dan sebagainya. Oleh karena itu diperlukan alat pemecah baru dari batu besar menjadi batu kecil sesuai dengan aradesi yang diinginkan.

4. Cross drain

Cross drain adalah Saluran drainase pada Jalan yang terletak tegak lurus atau memotong badan jalan.

Fungsi dari cross drain ini adalah untuk mengalirkan aliran air dar i sisi sebelah kanan Jalan ke sisi sebelah kiri atau sebaliknya.

Bentuk dari cross drain bermacam – macam antara lain: Box Culvert, RCP, dan lain sebagainya.


5. Aspal Hotmix

Perkerasan Jalan fleksibel menggunakan finishing campuran aspal sehingga Sudah pasti campuran hotmix mengandung aspal.

Ada dua tipe aspal yang biasa digunakan untuk campuran hotmix antara lain Aspal Drum dan Aspal curah.

Aspal drum dikemas dalam drum dan kondisi aspal masih keras. sehingga perlu dipanaskan ter lebih dahulu agar mencair. Sedang kan aspal Curah sudah dalam bentuk cairan. 

6. Guardrail, kilometer Post, Guide Post

Guand rail adalah pengaman Jalan yang dipasang pada sisi jalan yang terdapat jurang.

Tujuan dari guardrail jelas untuk melindungi pengg una Jalan apabila terjadi kecelakaan. kilometer post adalah bagian dari Instrumen Jalan berfungsi untuk memberikan Informasi pengguna jalan berupa parok yang berisi tulisan kilo meter jalan.

Sedangkan Guide post adalah Patok – patok yang dipasang pada Jembatan. f ungsinya Sama sebagai Pengaman Pengguna Jalan apabila terjadi kelalaian dalam berkendara.

7. Marka Jalan  dan Rambu Lalu Lintas

Marka adalah cat thermo plastik yang berwarna putih Pada aspal jalan. Posisi Marka biasanya dibagian tengah dan tepi-tepi Jalan.

Fungsi dari marka Jalan adalah membagi badan jalan menjadi beberapa jalur lalu lintas. Sedangkan Rambu l alu lintas adalah Petunjuk keselamatan Yang dipasang pada Jalan Sesuai dengan Situasi Jalan tersebut. 
Istilah pada pekerjaan jalan aspal masih banyak lagi karena memang komposisi pekerjaan jalan sangat kompleks.

Salah Satu perbedaan yang mencolok dibanding pekerjaan lain adalah pekerjaan Jalan sangat padat alat. Demikian artikel ini saya buat semoga bermanfaat. 

Sumber : Ilmu Proyek

0 Komentar