Asteroid 2016 HP6,Asteroid ,Asteroid 2016 ,Asteroid HP6,Asteroid 2016 HP6 Akan Dekati Bumi Pekan Ini,Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN),Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ,LAPAN,asteroid 2016 HP6 akan mendekati Bumi pada 8 Mei 2020 pukul 04.48 WIB,asteroid 2016 HP6 akan mendekati Bumi pada 8 Mei 2020 ,pukul 04.48 WIB,asteroid memiliki kecepatan relatif 5,72km per detik,kecepatan asteroid 5,72km per detik,asteroid Apollo,Perhelion,properti,contoh properti,arti bisnis properti,properti adalah brainly,perusahaan properti,apa yang dimaksud dengan properti,properti indonesia,properti tari,berita properti 2019,properti cirebon,rumah 100 jutaan di cirebon,jual rumah di kabupaten cirebon,rumah dijual di perumnas cirebon,rumah harga 50 juta di cirebon,over kredit rumah di cirebon,rumah dijual di cirebon firman properti,perumahan cirebon,daftar perumahan di cirebon,perumahan btn cirebon,perumahan cirebon plumbon,perumahan di sumber cirebon,promo perumahan cirebon,over kredit rumah di cirebon,rumah dijual murah di plered cirebon,perumahan di kabupaten cirebon,olx rumah cirebon,rumah dijual di perumnas cirebon,jual rumah di waled mekarsari cirebon,rumah kampung dijual di cirebon,rumah dijual murah di cirebon,info terkini rumah mewah dijual di cirebon,subsidi cirebon,perumahan btn cirebon,perumahan subsidi di plumbon cirebon,rumah subsidi beber,perumahan kabupaten cirebon,perumahan subsidi terdekat dari sini,graha nuansa pilang,perumahancirebon.com,rumah harga 30 juta di cirebon,kavling cirebon,olx kavling cirebon,cepat bu murah tanah di cirebon,tanah kavling syariah cirebon,harga tanah di sumber cirebon,jual tanah kebun murah di cirebon,rumah harga 30 juta di cirebon,olx online tanah kavling cirebon,dijual tanah jalan kartini cirebon,kavlingcirebon.com,properticirebon.com

JAKARTA, iNews.id – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengungkap asteroid akan mendekati Bumi pada 8 Mei 2020. Asteroid yang dimaksud adalah 2016 HP6.

Menurut LAPAN, asteroid 2016 HP6 akan mendekati Bumi pada 8 Mei 2020 pukul 04.48 WIB. Data tersebut diperoleh dari Center of Near Earth Object Studies (CNEOS) NASA.

Baca Juga : Benarkah Asteroid Akan Tabrak Bumi pada 8 Mei 2020? Ini Penjelasan LAPAN

Benda langit tersebut akan berada pada jarak 1,66 juta km dari Bumi. Peneliti dari Pusat Sains Antariksa LAPAN, Andi Pangerang mengungkapkan asteroid memiliki kecepatan relatif 5,72km per detik saat bergerak mendekati Bumi.

“Asteroid 2016 HP6 dikategorikan sebagai asteroid Apollo,” kata Anda dalam postingan Instagram LAPAN.

Untuk diketahui, asteroid Apollo merupakan asteroid yang memiliki sumbu setengah panjang lebih besar dibandingkan dengan orbit Bumi. Akan tetapi jarak perihelionnya lebih kecil dibandingkan aphelion Bumi. Perhelion merupakan titik orbit benda langit baik planet maupun komet yang paling dekat dari Matahari. Sementara aphelion merupakan titik terjauh orbit suatu benda langit dari Matahari.

Andi menambahkan beberapa asteroid Apollo dapat menjadi ancaman bagi Bumi ketika berada pada jarak yang sangat dekat dengan Bumi. Salah satu contoh yakni meteor Chelyabinsk yang memasuki atmosfer Bumi dan meledak di langit kota Chelyabinsk, Rusia pada 15 Februari 2013 silam dengan ukuran 17 meter.

Asteroid 2016 HP6 diperkirakan memiliki ukuran antara 23 hingga 52 meter. Sementara itu, jarak perpotongan orbitnya minimum sebesar 0,0053817 SA atau 805 ribu kilometer terhadap orbit Bumi. Jarak tersebut lebih kecil dar 7,5 juta kilometer, tetapi magnitudo absolutnya lebih besar daripada +22. Andi menegaskan dengan kriteria tersebut asteroid dikategorikan tidak berpotensi berbahaya untuk Bumi.

Sumber : LAPAN

0 Komentar